Profil ISAC

ASSALAMU ALAIKUM WR WB.
BLOG INI DICIPTAKAN OLEH PARA PENGGEMAR FALAK KOTA BATU ( CIKAL BAKAL ISAC-ISLAMIC ASTRO CLUB - BATU ) .
TERBUKA BAGI SIAPA SAJA ATAU SEMUA MUHASIB FALAKIYAH YANG INGIN BERDAKWAK DAN MENJADI KONTRIBUTOR POSTING.
SYARAT MENJADI KONTRIBUTOR POSTING :
1. AGAMIS
2. TIDAK MEMECAH BELAH UMAT
3. TIDAK PROVOKATIF TERDAHAP KELOMPOK DAN ORGANISASI LAIN
4. BUKAN UNGKAPAN KEBENCIAN TERHADAP KELOMPOK ATAU ORGANISASI LAIN

Selasa, 30 Maret 2010

Khutbah Jumat : Ajaran Islam tentang Pendidikan dalam Keluarga

oleh : Drs. H. Mukhlis

Hadirin Rohimakumulloh,


Ditempat yang suci dan penuh berkah ini, marilah kita senantiasa mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas iman dan taqwa kita kepada Alloh SWT. Dalam arti yang sebenar-benarnya, yaitu dengan cara melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Alloh dan Rosulnya sekaligus juga kita barengi dengan menjahui segala larangan-larangannya. Karena hanya dengan peningkatan iman dan taqwa yang selalu terpatri didalam hati sanubari kita, kita akan dapat mendapatkan suatu kebahagiaan yang haqiqi di dunia yang fana ini sampai di akhirat nanti.


Hadirin Rahimakumulloh,


Berbicara mengenai ajaran islam tentang pendidikan dalam keluarga marilah kita memperhatikan firman Alloh dalam Surat Al-Mujadilah : 11




Artinya : Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.( Q.S. Al- Mujadilah : 11 )

Dari ayat di atas dapat kita ambil suatu kesimpulan bahwa :

  1. Alloh akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman, tentu bukan hanya iman dalam hati, tetapi iman yang diwujudkan dalam bentuk amal sholeh yang nyata. Sebab dalam Al-Qur’an sendiri, iman dan amal sholeh adalah merupakan ayat muqoronah atau ayat yang senantiasa disebutkan secara bersamaan. Artinya seakan-akan bahwa iman tidak sah bila tanpa ada amal sholeh. Sebaliknya bahwa amal sholeh tanpa iman juga tidak sah. Dalam arti, ada orang berbuat baik tetapi bukan orang mukmin maka nanti perbuatan baiknya itu tidak akan diterima disisi Alloh SWT dan bagaikan debu yang ditebarkan kedalam tanah (Haba’an Mantsura).
  2. Alloh Akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu.Sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa betapa banyak orang-orang alim atau para ulama’ walaupun mereka telah lama meninggal dunia tetap kita hormati. Semisal: Imam Jalaluddin, Pengarang Kitab Al-Jalalain. Al-Ghazali, Pengarang Kitab Ihya’ Ulumuddin. Imam Nawawi, Pengarang Kitab Minhaj al-Abidin. Dan Lain sebagainya. Bahkan Para Wali Songo, meskipun telah lama mereka meninggal dunia tetapi namanya tetap harum , tetap dihormati dan dikenang bahkan banyak pula yang datang berziarah ke makamnya untuk memanjatkan do’a kepada Alloh SWT dan mengambil berkah darinya.

Dari 2 kesimpulan diatas dapat kita ambil suatu hikmah atau pelajaran bahwa betapa pentingnya ajaran islam tentang Ilmu.

Berbicara masalah ilmu maka kita harus berbicara masalah pendidikan. Pendidikan yang pertama dan utama yang akan diterima oleh anak adalah pendidikan keluarga.


Hadirin Rohimakumulloh,

Lebih khusus lagi tentang pentingnya pendidikan islam didalam keluarga Alloh SWT telah berfirman dalam Surat At-Tahrim ayat 6:





artinya : Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.(Q.S. At-Tahrim : 6)


Dari ayat diatas dapat kita ambil suatu pelajaran bahwa kita harus mendidik diri kita dan terlebih dahulu agar jangan sampai terjerumus dalam siksaan api neraka sebelum kita memelihara/mendidik keluarga kita . Hal ini menuntut adanya uswah atau suri tauladan dalam keluarga. Kalau kita memerintahkan sholat kepada anak kita maka selayaknya telah melasanakan sholat, kalau kita memerintahkan puasa kepada anak kita maka hendaknyalah kita telah berpuasa. Kalau kita memerintahkan zakat kepada anak kita maka hendaknyalah kita telah menunaikan zakat. Bahkan kalau perlu kita ajak anak-anak kita, durriyah kita bersama-sama kita untuk melaksankan ajaran islam secara bersama-sama. Agar izzul islam wal Muslimin, kemulyaan, kedigdayaan islam dan para pemeluknya dapat segera terwujud.


Hadirin Rohimakumulloh,


Didalam suatu kesempatan Rosululloh SAW juga pernah menerangkan betapa pentingnya pendidikan dalam keluarga itu, beliau bersabda :


Setiap anak dilahirkan dalam kadaan suci. Maka orang tuanyalah yang akan menjadikan dia Yahudi, Nasrani, atau Majusi.

Dari arti Hadits diatas dapat kita ambil suatu pelajaran bahwa sebenarnya setiap anak yang lahir itu adalah Suci/ bersih tiada noda dan dosa, bagaikan kertas putih tanpa coretan tinta sedikitpun. Maka orang tuanyalah yang akan menyebabkab anak itu menjadi Muslim, sesuai fitrohnya, atau menjadi Yahudi, Nasrani, Majusi sesuai dengan lingkungan keluarga yang pertama dan utama didalam mempengaruhi kejiwaan dan agama anak tersebut.

Disinilah peranan kita sebagai orang tua muslim yang wajib mengembangkan anak-anak kita sesuai dengan fitrah islamnya, mencipatakan keluarga yang harmonis atau sakinah mawaddah wa rohmah di dalam bahasa agamanya agar anak-anak kita “betah tinggal dirumah” dan tidak terkontaminasi dengan hiruk pikuk lingkungan masyarakat yang terkadang sangat mempengaruhi terhadap sikap, tingkah laku bahkan keimanannya.

Dari uraian diatas dapat kita ambil kesimpulan :

  1. Bahwa Alloh akanmengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu.
  2. Kita hendaknya memberikan contoh yang baik terhadap anak-anak kita sebelum kita memerintahkan anak-anak untuk berbuat baik.
  3. Bahwa peranan orang tua sangatlah penting didalam memberikan nilai-nilai keimanan kepada anak-anak mereka.

Demikianlah khutbah singkat yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan Alloh SWT senantiasa memberikan rahmat taufiq dan hidayahNya kepada kita, member kekuatan kepada kita untuk senantiasa dapat menjadi contoh yang baik bagi keluarga kita. Amin ya rabbal alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar